6 Keris Pusaka Sakti Yang Paling Melegenda

6 Keris Pusaka Sakti Yang Paling Melegenda Tidak terhitung jumlah kekayaan kultur yang dipunyai bangsa ini, termasuk juga satu diantara nya warisan leluhur budaya yang berbentuk Tosan Aji atau”Keris“.

1. Keris Mpu Gandring

Keris Mpu Gandring

Keris Mpu Gandring

Keris empu Gandring yaitu Benda Pusaka yang begitu populer dalam kisah berdirinya kerajaan singasari di Malang, Keris ganas yang telah populer menelan korban beberapa pendiri kerajaan, pembuat, bahkan juga penggunanya yakni Ken Arok. Singkat Narasi, Keris yang Melegenda ini di buat oleh empu yang begitu sakti bernama Empu Gnadring, yang lalu disuruhkan buat sebuh keris begitu sakti oleh ken Arok.

Sesudah usai jadi keris dengan bentuk serta bentuk yang prima bahkan juga mempunyai kekuatan supranatural yang konon disebutkan lebih dari keris keris pusaka waktu itu. Mpu Gandring merampungkan pekerjaannya buat sarung keris itu. Tetapi belum juga sarung itu usai di buat, Ken Arok datang ambil keris itu yang menurut dia telah sehari serta mesti di ambil. Lalu Ken Arok menguji Keris itu serta paling akhir Keris itu ditusukkannya pada Mpu Gandring yang konon menurut dia tidak menepati janji (karna sarung keris itu belum juga usai di buat) selebihnya bahkan juga disebutkan untuk menguji kekuatan keris itu melawan kemampuan supranatural si pembuat keris (yang malah disimpan dalam keris itu untuk menaikkan kekuatannya). Dalam kondisi sekarat, Mpu Gandring keluarkan sumpah kutukan kalau Keris itu juga akan memohon korban nyawa tujuh turunan dari Ken Arok. Hingga saat ini keris mpu gandring ini belum juga diketemukan sekali lagi oleh siapa saja..!!!

2. Keris Naga Sasra Sabuk Inten
Keris Pusaka Nagasasra serta Sabuk Inten yaitu dua benda pusaka berlainan peninggalan Raja Majapahit. Nagasasra yaitu nama satu diantara dapur keris luk tiga belas serta ada juga yang luk-nya sejumlah sembilan serta sebelas, hingga penyebutan nama dapur ini mesti dibarengi dengan menyebutkan jumlah luk-nya supaya tidak salah.

Pada keris dapur Nagasasra yang bagus, beberapa banyak bilahnya di beri kinatah emas, serta pembuatan kinatah emas seperti ini sudah didesain oleh sang empu mulai sejak awal pembuatan. Pada step penyelesaian akhir, sang empu telah buat bentuk kinatah sesuai sama rancangan. Bagian-bagian yang nantinya juga akan dipasang emas di beri jalur spesial Berbentuk pamor, untuk “tempat pemasangan kedudukan emas” serta sesudah penyelesaian wilah usai, jadi dilanjutkan dengan penempelan emas oleh pintar emas dari dalam kerajaan.
Satu diantara pembuat keris dengan dapur Nagasasra paling baik, yaitu karya empu Ki Nom, adalah seseorang empu yang populer, serta hidup pada akhir jaman kerajaan Majapahit…!!!

3. Keris Pusaka Kala Munyeng (Punya Sunan Giri)

Dalam Kisah Prabu Brawijaya murka. Dampak Sunan Giri satu diantara sembilan
Wali Songo, dipandang telah meneror eksistensi Kerajaan Majapahit. Patih
Gajahmada serta pasukannya lantas di kirim ke Giri untuk memberi serangan, Masyarakat Giri juga cemas dan
menghambur ke Kedaton Giri. Sunan Giri yang waktu itu tengah menulis demikian terperanjat dan
pena (kalam) yang tengah digunakannya ia lontarkan ke arah pasukan Majapahit. Atas kehendak Sang Pencipta
pena yang terlontar itu menjelma jadi keris ampuh serta keris berikut yang
memporakporandakan pasukan Majapahit.

Sunan Giri yang nama kecilnya yaitu Raden Paku dengan kata lain Muhammad Ainul Percaya bukan sekedar di kenal jadi penebar agama Islam yang gigih. letapi juga pembaharu pada eranya.
Pesantrennya, yang dibuat di perbukitan desa Sidomukti di selalan Gresik, tidak cuma dipakai jadi tempat pendidikan agama dalam arti sempit, namun juga jadi pusat pengembangan orang-orang. Gin Kedaton, pesantrennya di Gresik, bahkan juga tumbuh jadi pusat politik yang perlu di Jawa saat itu. Saat Raden Patah (Demak Bintaro) melepas diri dari kekuasaan Majapahit, Sunan Giri jadi melakukan tindakan jadi penasihat serta panglima militer Kesultanan Demak. Hal itu terdaftar dalam Babad Demak. Pada perubahan,
nya lalu, Demak tidak terlepas serta dampak Sunan Giri. Serta Sunan Giri disadari jadi mufti, pemimpin teratas keagamaan setanah Jawa.
Meluasnya dampak Sunan Giri di Gresik buat Prabu Brawijaya, raja Majapahit saat itu murka. la memerintahkan patihnya, Gadjah Mada, ke Gin Masyarakat Giri ketakutan serta lari ke kedaton Sunan, Babad Tanah jawa menjelaskan, saat itu Sunan Giri tengah menulis. Karna terperanjat mendengar musuh berdatangan mengakibatkan kerusakan Giri, pena (kalam) yang dipegangnya Beliau lontarkan. Sunan Giri lalu berdoa pada Sang Pencipta.
Nyatanya kalam yang terlempar itu beralih meniadi keris berputar, Keris dari kalam itu mengamuk serta banyak tentara Majapahit yang menyerbu Giri tewas, Bekasnya kabur, berlarian kembali pada Majapahit. Serta keris dari kalam itupun diceritakan kembali sendiri ke kedaton Giri, Tergeletak
dihadapan Sunan dengan berlumuran darah. Sunan lantas berdoa pada Yang Maha Kuasa, serta menyebutkan pada rakyat Giri kalau kerisnya yang ampuh itu dinamakan Kalam Munyeng.
Apakah keris Kalam Munyeng (pena yang berputar) itu jenisnya seperti keris yang pada saat saat ini popular dengan nama Saat Munyeng (raksasa yang berputar), wallahu alam!!! Tetapi keris Saat munyeng termasuk juga keris yang sangat tersohor Namanya di nusantara ini.

4. Keris Pusaka keris Condong Campur
Condong Campur yaitu satu diantara keris pusaka punya Kerajaan Majapahit yang banyak dimaksud dalam legenda serta folklor. Keris ini di kenal dengan nama Kanjeng Kyai Condong Campur.
Keris ini adalah satu diantara dapur keris lurus. Panjang bilahnya tengah dengan kembang kacang, satu lambe gajah, satu sogokan dimuka serta ukuran panjangnya hingga ujung bilah, sogokan belakang tak ada. Diluar itu, keris ini memakai gusen serta lis-lis-an.Condong Campur adalah satu perlambang hasrat untuk menjadikan satu ketidaksamaan. Condong bermakna miring yang menghadap ke satu titik, yang bermakna keberpihakan atau hasrat. Sedang campur bermakna jadi satu atau kombinasi. Dengan hal tersebut, Condong Campur yaitu hasrat untuk menjadikan satu satu kondisi spesifik.

Konon keris pusaka ini di buat beramai-ramai oleh seratus orang mpu. Bahan kerisnya di ambil dari beragam tempat. Serta pada akhirnya keris ini jadi keris pusaka yang begitu ampuh namun mempunyai watak yang jahat.
Dalam dunia keris keluar mitos serta legenda yang menyebutkan ada pertikaian pada sebagian keris. Keris Sabuk Inten yang terasa terancam dengan terdapatnya keris Condong Campur pada akhirnya memerangi Condong Campur. Dalam pertikaian itu, Sabuk Inten kalah. Sedang keris Sengkelat yang terasa begitu tertekan oleh keadaan ini pada akhirnya memerangi Condong Campur sampai pada akhirnya Condong Campur kalah serta melesat ke angkasa jadi Lintang Kemukus (komet atau bintang berbuntut), serta meneror juga akan kembali pada bumi tiap-tiap 500 th. untuk buat huru hara, yang dalam bhs Jawa dimaksud ontran-ontran.

 

5. Keris Pusaka Setan Kober
Keris setan kober ini dalam histori di buat oleh mpu supo mandagri, beliau yaitu keturunan seseorang empu dari tuban. Dalam kisah, Mpu supo memeluk islam serta berguru pada sunan Ampel, sembari tetaplah buat keris, Supo Mandagri yaitu mpu sakti yang jadikan karya nya demikian begitu populer diantaranya Keris Kyai Sengkelat, serta Keris Kyai Nogo sosro serta setan kober ini sendiri, keris ini dahulu bernama “Bronggot Setan Kober” di buat pada awal kerajaan islam demak Bintaro, lalu keris ini di serahkan pada Syekh Jafar Soddiq atau Sunan Kudus dalam perjalananya lalu di beri sekali lagi pada Arya penangsang.

6. Keris Kyai Sengkelat (Brawijaya Ke v)

Keris Sengkelat yaitu keris pusaka luk tiga belas yang di ciptakan pada zaman Majapahit (1466 – 1478), yakni pada saat pemerintahan Prabu Kertabhumi (Brawijaya V) karya Mpu Supa Mandagri.
Mpu Supa yaitu satu diantara santri Sunan Ampel. Konon bahan untuk buat keris Sengkelat yaitu cis, satu besi runcing untuk menggiring onta. Konon, besi itu didapat Sunan Ampel saat tengah bermunajat. Saat di tanya besi itu datang darimana, dijawab lah kalau besi itu punya Muhammad saw. Jadi diberi lah besi itu pada Mpu Supa untuk di buat jadi sebilah pedang.
Tetapi sang mpu terasa sayang bila besi tosan aji ini jadikan pedang, jadi dibuatlah jadi sebilah keris luk tiga belas serta dinamakan keris Sengkelat. Sesudah usai, diserahkannya pada Sunan Ampel. Sang Sunan jadi kecewa karna tidak cocok dengan apa yang diinginkannya. Jadi oleh Sunan Ampel dianjurkan supaya keris Sengkelat diserahkan pada Prabu Brawijaya V.

Saat Prabu Brawijaya V terima keris itu, sang Prabu jadi begitu mengagumi akan juga akan kehebatan keris Kyai Sengkelat. Serta pada akhirnya keris itu jadi satu diantara piyandel (maskot) kerajaan serta di beri titel Kangjeng Kyai Ageng Puworo, memiliki tempat spesial dalam gudang pusaka keraton.
Pusaka baru itu jadi begitu populer hingga menarik perhatian Adipati Blambangan. Adipati ini memerintahkan orang kepercayaannya untuk mengambil pusaka itu untuk kejayaan Blambangan, serta sukses. Mpu Supa yang sudah mengabdi pada kerajaan Majapahit di beri pekerjaan untuk mencari serta membawa kembali pusaka itu ke Majapahit. karna taktik yang tepat dari mpu sumpa pada akhirnya keris itu ia peroleh kembali serta tanpa ada mengakibatkan peperangan, Jadi Ki Nambang pada akhirnya dianugerahi seseorang putri kadipaten yang bernama Dewi Lara Upas, adik dari Adipati Blambangan tersebut. Sang Mpu yang sukses melakukan pekerjaan senantiasa mencari langkah supaya bisa kembali pada Majapahit. Saat peluang itu tiba jadi beliau juga selekasnya kembali pada Majapahit serta meninggalkan istrinya yang tengah hamil. Sebelumnya pergi, beliau meninggalkan pesan pada sang istri kalau nantinya bila anak mereka lahir lelaki supaya dinamakan Joko Suro, dan meninggalkan besi bahan untuk buat keris

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s